Penerapan Sistem Informasi Penjualan Kredit Pada Dealer Tambah Sakti Motor Surakarta
Sari
Dealer Tambah Sakti Motor merupakan sebuah dealer yang menjual sepeda motor bekas baik secara kredit maupun tunai. Transaksi data penjualan pada Dealer Tambah Sakti Motor masih dilakukan dengan tulisan tangan dan dicatat secara manual dengan bantuan alat hitung kalkulator. Sistem pengolahan data transaksi memiliki beberapa kekurangan dan permasalahan antara lain yaitu membutuhkan waktu yang lama dalam pengecekan data transaksi dan pelanggan karena jumlah transaksi yang semakin banyak di dealer ini. Selain itu penyimpanan data transaksi juga membutuhkan ruang yang cukup banyak dan rawan akan kerusakan bahkan hilangnya data-data transaksi tersebut. Tujuan pembuatannya adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh Dealer Tambah Sakti Motor, yakni mengurangi kesalahan pencatatan data transaksi, membuatkan laporan penjualan yang akurat dan tepat waktu, serta membuat aplikasi untuk mempermudah pihak perusahaan melayani order dari pelanggan. Metode pengumpulan data pada penyusunan tugas akhir ini adalah dengan melakukan wawancara dengan pihak yang bersangkutan untuk mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi, selain itu juga melakukan observasi secara langsung agar dapat mengetahui kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan. Hasil yang ingin dicapai yaitu menerapkan sistem transaksi penjualan kredit dan angsuran yang saat ini masih manual (menggunakan tulisan tangan), dengan sistem penjualan kredit dan angsuran yang terkomputerisasi. Dengan adanya sistem penjualan kredit dan angsuran yang terkomputerisasi ini dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh Dealer Tambah Sakti Motor saat ini yaitu kesalahan pencatatan dan pengolahan data transaksi penjualan kredit dan angsuran.
Kata kunci: Sistem, Penjualan Kredit
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi: pendekatan terstruktur teori dan praktek apliksi bisnis. Yogyakarta:andi
Jogiyanto.1997. Sistem Informasi Berbasis Komputer. Yogyakarta: BPFE
Mulyadi, 2001. Sistem Akuntansi. Edisi Tiga. Jakarta: Salemba Empat.
Winardi. 1991. Marketing dan Prilaku Konsumen. Bandung :Mandar Maju.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.