PENGARUH NILAI HEDONIS TERHADAP NIAT BELANJA ONLINE

Edi Purwo Saputro, Sih Handayani

Sari


Era online memungkinkan belanja online sebagai bagian e-lifestyle, meskipun di sisi lain muncul risiko yang tidak kecil sebagai bagian dari ancaman human error dan technical error. Tujuan penelitian ini yaitu menguji pengaruh faktor hedonic value terhadap niat belanja online untuk setting amatan generasi dotcom di Solo. Teoritis TAM menjadi dasar untuk menjawab persoalan niat belanja online dari riset ini dengan analisis menggunakan struktural model. Jumlah sampel 200 orang dan hasil analisis menunjukan konsistensi teoritis TAM dalam riset berbasis online dan riset keperilakuan. Selain itu, keberagaman faktor pembentuk sikap juga dibuktikan dari hasil penelitian ini, termasuk juga keterkaitan antara sikap – niat dalam riset keperilakuan.

Kata kunci: TAM, hedonis, online


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-maghrabi, T., Dennis, C., Halliday, S.V., dan Ali, A.B. 2011. Determinants of customer continuance intention of online shopping. International Journal of Business Science and Applied Management. 6 (1): 41-65.

Bigne´-Alcan’iz, E., Ruiz-Mafe’, C., Alda´s-Manzano, J., dan Sanz-Blas, S. 2008. Influence of online shopping information dependency and innovativeness on internet shopping adoption. Online Information Review. 32 (5): 648-667.

Chu, J., Arce-Urriza, M., Cebollada-Calvo, J.J., dan Chintagunta, P.K. 2010. An empirical analysis of shopping behavior across online and offline channels for grocery products: The moderating effects of household and product characteristics. Journal of Interactive Marketing. 24: 251-268.

Demangeot, C. dan Broderick, A.J. 2007. Conceptualising consumer behaviour in online shopping environments. International Journal of Retail & Distribution Management. 35 (11): 878-894.

Dennis, C., Morgan, A., Wright, L.T., dan Jayawardhena, C. 2010. The influences of social e-shopping in enhancing young women’s online shopping behaviour. Journal of Customer Behaviour. 9 (2): 151-174.

Ganguly, B., Dash, S.B., Cyr, D., dan Head, M. 2010. The effects of website design on purchase intention in online shopping: The mediating role of trust and the moderating role of culture. International Journal Electronic Business. 8 (4/5): 302-330.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.