Game Edukasi Interaktif Kisah Nabi Berbasis Open Source

Intan Oktaviani, Indah Nofikasari, Hanif Mahbub

Sari


Belajar memiliki peranan penting dalam perkembangan mental, perilaku pola pikir siswa. metode pembelajaran yang manual membuat siswa menjadi cepat bosan dan malas dalam memperhatikan materi yang diberikan oleh para guru,sehingga minat belajar mereka semakin menurun. Maka untuk menangani hal tersebut dibuatlah media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar para siswa seperti dibuatlah game edukasi sejarah kebudayaan islam “Kisah Nabi” berdasarkan kurikulum 2013 (K13). Penelitian menerapkan metode wawancara dan pustaka. Game edukasi ini disajikan dalam bentuk 2 Dimensi dengan game engine
Open Source Lazarus. Metode pengembangan sistem menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, testing dan  distribution. Pengujian penelitian menggunakan pengujian Black Box dan pengujian kuisioner dengan jumlah keseluruhan 17 responden untuk mencoba menggunakan permainan edukatif. Berdasarkan hasil pengujian Black Box yang dilakukan bahwa aplikasi Edugame pengenalan 5 Nabi bergelar Ulul Azmi seluruh fungsi dan tombol dapat berfungsi dengan baik. Hasil penelitian White Box atau Beta Test yang dilakukan di SDIT Insan Mulia Surakarta dengan jumlah responden 17 orang menunjukkan bahwa 90,11% sangat setuju bahwa permainan edukatif sejarah kebudayaan islam “Kisah Nabi” mudah dimainkan, bermanfaat dan dapat dijadikan media pembelajaran.

Kata Kunci : Multimedia, Game Edukasi, Open Source


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angela, H.W., Gani, A., 2016, Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Web dan Android Menggunakan Adobe Flash CS5 dan Action Script 3.0, Indonesian Journal on Information System (IJIS) - Volume 1 Nomor 2 .

Asmiatun, S., Novita, S.A., 2017, Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity,Yogyakarta: Deepublish.

Daryanto, D., 2015, Teknologi Pendidika, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maryanto, R., 2015, Pengantar Open Source dan Aplikas, Depok: Self-Publishing.

Ridoi, M., 2016, Cara Mudah Membuat Game Edukasi Dengan Construct 2, Malang: Maskha.




DOI: http://dx.doi.org/10.55635/jic.v6i1.114

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Indexed by :

Jurnal Ilmiah IT Cida: Diseminasi Teknologi Informasi

ISSN 2477-8125 (online) | ISSN 2477-8133 (print)
Published by : STMIK Amikom Surakarta
Jl Veteran Notosuman Singopuran Kartasura Sukoharjo 57164 Telp./Fax 0271-7851507
Email: itcida@amikomsolo.ac.id




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.