Implementasi Memory Game di MIT App Inventor

Irma Darmayanti, Ali Nur Ikhsan, Dias Ayu Budi Utami, Pungkas Subarkah

Sari


Permainan memori, atau yang kadang-kadang disebut konsentrasi, adalah permainan kartu yang cukup populer dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa di seluruh dunia. Memori yang baik adalah salah satu kualitas yang dibutuhkan untuk berhasil di dalamnya. Permainan  memori dapat membantu perkembangan kognitif anak secara keseluruhan diantaranya membantu anak berkonsentrasi, melatih memori jangka panjang, melatih memori visual, membantu anak berpikir kritis. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, yang mana permainan tradisional sudah tidak cukup menarik lagi untuk dimainkan, oleh karena itu pada penelitian ini dibuatlah permainan memory yang dapat dimainkan pada smarthphone dengan sistem operasi android. Model atau metode penelitian yang digunakan adalah metode Prototyping. Model desain prototipe dibuat lebih cepat sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan game lebih singkat. Karakteristik ini sangat sesuai dengan kebutuhan sistem yang ada yang hanya membutuhkan waktu yang singkat dalam pengembangannya. Tools yang akan digunakan peneliti adalah MIT App Inventor untuk membangun sebuah aplikasi Android. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membuat game mobile berbasis androidyang dapat mengacak gambar dan kartu sehingga dapat mengoptimalkan permainan di game memory.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. H. Hasugian, P. Pristiwanto, and A. Rikki, “Perancangan Memory Game dengan Menggunakan Unreal Engine,” Matias, 2019, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/333718665.pdf

T. Anggraeni, “Desain Game APD COVID-19 Simulator,” J. Animat. Games Stud., vol. 7, no. 1, pp. 43–62, 2021.

T. A. Sandi and W. N. Hidayat, Game Mobile Learning. Ahlimedia Book, 2019.

S. Supriyadi, “Rancang Bangun Alfabet Memory Game Menggunakan Linear Congruent Method (Lcm),” JEJARING J. Technol. informatics Manag., vol. 3, no. 1, 2018.

R. Amalia et al., “Implementation of mit app inventor in go rempah development,” vol. 3, no. 1, pp. 155–161, 2022.

K. S. Salamah, T. M. Kadarina, and Z. Iklima, “Pengenalan Mit Inventor Untuk Siswa/i Di Wilayah Kembangan Utara,” J. Abdi Masy. (JAM, vol. 5, pp. 5–9, 2020.

S. Edriati, L. Husnita, E. Amri, A. A. Samudra, and N. Kamil, “Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 4, pp. 652–657, 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i4.6648.

O. hendrik Lengkong, “Implementation Of Google Apps And Mit App Inventor On Android Based Real Time Attendance Report Application,” Abstr. Proc. Int. Sch. Conf., vol. 7, no. 1, pp. 1763–1773, 2019, doi: 10.35974/isc.v7i1.1601.




DOI: http://dx.doi.org/10.55635/jic.v8i2.165

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



Indexed by :

Jurnal Ilmiah IT Cida: Diseminasi Teknologi Informasi

ISSN 2477-8125 (online) | ISSN 2477-8133 (print)
Published by : STMIK Amikom Surakarta
Jl Veteran Notosuman Singopuran Kartasura Sukoharjo 57164 Telp./Fax 0271-7851507
Email: itcida@amikomsolo.ac.id




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.