Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction BPJS

Penulis

  • Muhammad Jalari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Abstrak

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif.  Metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada  populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Berdasarkan hasil uji F dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini menunjukan bahwa variabel tangible, reliability, responsivnes, emphaty, dan assurance secara simultan (bersama-sama) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen

Referensi

Arikunto, Suharsismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aritonang.Lerbian R. 2005. Kepuasan Pelanggan, Pengukuran dan Penganalisaan dengan SPSS, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Azrul, Azwar. 1995. Menjaga Mutu Pelayaanan Kesehatan. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta

Budi Susetya. 2002. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Penderita Rawat Jalan di RSUD Dr. R. Soedjati Kab. Grobogan†Tesis.FE UMS.Tidak Dipublikasikan.

Gujarati, 2001.Basic Econometries, Third Edition, MC. Graw Hill, New York.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program SPSS ,Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jonni J. Manurung.Adler HaymansManurungdan Ferdinand Dehoutman Saragih, 2005, Ekonomi, Teori dan Aplikasi.Elex Media Komputindo.

Rao, Purba. 1996. Measuring Customer Perceptions ThroughFactur Analysis, The Asian Manager, February, March.

Setiaji, Bambang.2009. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Program PascaSarjana UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT.ANDI Offset.

Zeithaml, Valerie. Parasuraman A.A. & Leonard, Berry L., (1990).

Delivering Quality Service: Balancing Customer Perseption & Expectation. NewYork.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-14

Terbitan

Bagian

Artikel