Efektifitas Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreatifitas Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19
Sari
Sejak pemerintah mengumumkan kasus covid-19 di Indonesia, masyarakat dihimbau melakukan sosial distancing, dimana semua kegiatan seperti bekerja, belajar dan beribadah dilakukan di rumah untuk mencegah penyebaran covid-19. Sistem pembelajaran yang biasanya tatap muka di kelas, kegiatan praktek di laboratorium dirubah menjadi pembelajaran dalam jaringan atau daring, supaya proses pembelajaran tetap berlangsung, sehingga hak mahasiswa terpenuhi dalam belajar. Dalam menyikapi kondisi tersebut, maka pengajar atau dosen dituntut untuk mampu menyajikan pembelajaran secara daring. Model pembelajaran berbasis proyek menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat diimplementasikan untuk membina kecakapan mahasiswa di perguruan tinggi. Metode pembelajaran bisa menggunakan video, power point, dan pembelajaran berbasis proyek yang lainnya. Sedangkan platform penyedia pembelajaran online bisa menggunakan media sosial, google classroom maupun video conference. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner. Peneliti memberikan kuesioner kepada mahasiswa STMIK Amikom Surakarta menggunakan google form dan diisi oleh 45 mahasiswa jurusan informatika. Mata kuliah yang diambil dalam pembelajaran ini adalah Sistem operasi. Berdasarkan hasil kuesioner dengan metode pembelajaran berbasis proyek ini di dapatkan hasil sebagai berikut Interaksi mahasiswa dan dosen 3.25, Minat belajar mahasiswa 3.40, Pemahaman Mahasiswa 3.43, Kreatifitas dan keaktifan 3.65, Hasil belajar 3.60, Penerapan model 3.58. Hal ini menunjukkan hasil pembelajaran sistem operasi berbasis proyek baik karena nilai rata-rata diatas 3.00 dengan skala linkert 1-4. Dengan demikian, pemberian tugas berbasis proyek meningkatkan pemahaman, keterampilan dan kreatifitas mahasiswa.
Kata Kunci: covid-19, pembelajaran berbasis proyek, sistem operasi, google form
Teks Lengkap:
PDFReferensi
E. Dewa, M. Ursula Jawa Mukin, O. Pandango, “Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika”. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA). p-ISSN: 2622-4763, Vol. 3 No. 2 (Juli) 2020.
Simarmata, J., Hamid, M. A., Ramadhani, R., Chamidah, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hermann, M., Pentek, T. & Otto, B. (2016). Design Principles for Industrie 4.0 Scenarios. Presented at the 49th Hawaiian International Conference on Systems Science.
Hutasuhut, S. “Implementasi pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata kuliah pengantar ekonomi pembangnan pada jurusan manjemen FE UNIMED”. Jurnal Pekbis. 2(1) 196-207,2010.
Sucilestari, R. & Arizona, K. (2018). Pengaruh Project Based Learning pada Matakuliah Elektronika Dasar terhadap Kecakapan Hidup Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram. Konstan Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 3 (1), 26-35.
Chasanah, ARU, Khoiri,N. & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 7 (1), 19-24.
DOI: http://dx.doi.org/10.55635/jic.v7i1.135
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by :
Jurnal Ilmiah IT Cida: Diseminasi Teknologi Informasi
ISSN 2477-8125 (online) | ISSN 2477-8133 (print)
Published by : STMIK Amikom Surakarta
Jl Veteran Notosuman Singopuran Kartasura Sukoharjo 57164 Telp./Fax 0271-7851507
Email: itcida@amikomsolo.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.