Penerapan Algoritma Linear Congruent Method Untuk Aplikasi Pengacakan Soal Doa Harian di SDIT Al-Mansyur Balun Ijuk
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v8i1.155Abstrak
Latihan soal dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar baik matapelajaran tidak wajib maupun matapelajaran wajib seperti menghafal doa-doa harian, dan ini berlaku juga bagi siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mansyur Balun Ijuk Bangka Belitung. Latihan soal dilaksanakan dengan cara siswa menebak doa apa yang dibacakan oleh guru, atau siswa siswa yang diminta untuk membacakan doa yang disebutkan oleh guru. Dilihat dari kemampuan siswa yang berbeda-beda maka hasil latihannya pun berbeda. Untuk membantu memudahkan menghafal ayat-ayat doa harian bagi siswa yang butuh beberapa kali latihan, maka dibutuhkan aplikasi berbasis web yang dapat diakses dari sekolah maupun dari rumah orangtua siswa. Sehingga latihan soal dapat dilaksanakan sendiri oleh siswa dengan dipandu orangtua. Penelitian ini menganalisis dan merancang aplikasi pembelajaran tebak ayat-ayat doa harian. Untuk perancangan dan analisis sistem digunakan metode prototype dengan dibantu tools UML (Unified Modelling Language). Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan metode pengumpulan data yaitu cara wawancara langsung dengan guru sebagai narasumber untuk mendapatkan informasi dan dokumen sebagai bahan analisis. Dan untuk pengacakan ayat-ayat doa harian yang ditampilkan pada aplikasi dengan menerapkan algoritma Linear Congruent Method. Dari penelitian ini menghasilkan sistem yaitu aplikasi tebak ayat doa harian berbasis web.Referensi
Mutia Nugraheni, Ingin Sekolahkan Anak di SDIT? Ketahui Konsep Kurikulumnya, https://parenting.dream.co.id/ibu-dan-anak/ingin-sekolahkan-anak-di-sdit-ketahui-konsep-kurikulumnya-171005f.html, 5 Oktober 2017 12:04
Hairani, L. 2016. Penerapan Metode Latihan Siap Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I Sd Negeri 006 Terpadu Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Primary, 22-28.
Magdalena, I. 2020. Perbedaan Individu Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Sains, 255-268
Jediut, M. 2021. Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 1-5.
Rivaq, Afthal. 2022. Aplikasi Sejarah Masuknya Islam Di Bengkulu Berbasis Android Menggunakan Algoritma Linear Congruent Method. Jurnal Media Infotama. 76-80
Teguh, M. 2018. Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 126-129.
Darmansah. 2022. Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Pedagang Menggunakan Metode Prototype pada Pasar Wage. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 340-350.
Fu’adi, A. 2022. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi AkademikAkademi Komunitas Negeri PacitanMenggunakan Diagram UMLdan EER. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 45-54.
Irfan, M. 2020. Perancangan Prototype Interface Sistem Informasi Keberadaan Dosen. Jurnal TEKNO KOMPAK, 11-16.
Christian, A. 2019. Implementasi Model Prototipe Pada Perancangan Sistem Informasi Inventaris (Studi Kasus SMP Yayasan Bakti Prabumulih). Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 1-10.
Purnomo, D. 2017. Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 54-61.
Yoko, P. 2019. Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn. Jurnal Ilmiah Merpati, 212-223.
Agus, B. 2021. Implementasi Algoritma Linear Congruent Method Pada Pengacakan Soal Kuis dalam Aplikasi Mobile Learning Anemia Berbasis Android (MobiliA). Jurnal Transformatika, 182-160.
Simatupang, J. 2019. Perancangan sistem informasi pemesanan tiket bus pada po. Handoyo berbasis online. Jurnal Intra-Tech, 11-25.
Kurniawan, B. 2020. Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman. Jurnal TIKAR, 192-206.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.



