Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK

Penulis

  • Afis Pratama Universitas Ivet

DOI:

https://doi.org/10.55635/jic.v8i1.156

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui cara pembuatan atau perancangan video pembelajaran pada Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN); (2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran pada Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN); (3) Mengetahui hasil pengujian produk video pembelajaran yang dihasilkan kepada Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas 6 tahapan yaitu (1) concept yang meliputi identifikasi masalah dan analisa kebutuhan; (2) design (merancang tampilan); (3) material collecting (pengumpulan bahan-bahan untuk membuat media); (4) assembly (penggabungan atau penyatuan bahan); (5) testing (uji kelayakan media); (6) distribution (distribusi ke peserta didik dengan upload di youtube). Hasil penilaian kelayakan pengembangan video pembelajaran untuk Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel ini adalah: (1) persentase skor penilaian dari ahli materi sebesar 89%, (2) persentase skor penilaian dari ahli media sebesar 77%, (3) persentase skor tanggapan dari siswa sebesar 81%. Berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial untuk Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel ini sangat layak untuk digunakan dan dikembangkan.

Biografi Penulis

Afis Pratama, Universitas Ivet

Dosen Pendidikan Informatika Universitas Ivet

Referensi

Cedefop, 2017. The changing nature and role of vocational education and training in Europe. Volume 1: Conceptions of vocational education and training: An analytical framework.

Busyaeri, A., Udin, T. and Zaenudin, A., 2016. Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Hebert, R.M. and Roberts, W., 2013. Online Job Tutorials@ the Public Library: Best Practices from Carnegie Library of Pittsburgh's Job & Career Education Center. Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 1(2), pp.95-134.

Kuo, Y.C., Chu, H.C. and Huang, C.H., 2015. A learning style-based grouping collaborative learning approach to improve EFL students' performance in English courses. Journal of Educational Technology & Society, 18(2), pp.284-298.

Enad, E.N. and Muhanna, G.H., 2013. Computer Wireless Networking and Communication. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 2(8), pp.3210-3216.

Hebert, R.M. and Roberts, W., 2013. Online Job Tutorials@ the Public Library: Best Practices from Carnegie Library of Pittsburgh's Job & Career Education Center. Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 1(2), pp.95-134.

Acton, S., Kishino, F., Nakatsu, R., Tang, J. and Rauterberg, M., 2006. Editorial Introduction to multimedia system technologies for educational tools. Multimedia Systems, 11(3), pp.201-202. [8] Wallace, V. P., Bamber, J. C. dan Crawford, D. C. 2000.

Sutopo, H., Purnomo, H.D., Maria, S.S., Lee, S., Lobodally, A. and Prasida, A.S., 2019, January. Developing interactive bible learning model based on mobile for children. In Proceedings of the 2nd International Conference on Software Engineering and Information Management (pp. 279-282).

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-29

Terbitan

Bagian

Articles