Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v8i1.156Abstrak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui cara pembuatan atau perancangan video pembelajaran pada Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN); (2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran pada Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN); (3) Mengetahui hasil pengujian produk video pembelajaran yang dihasilkan kepada Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN). Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas 6 tahapan yaitu (1) concept yang meliputi identifikasi masalah dan analisa kebutuhan; (2) design (merancang tampilan); (3) material collecting (pengumpulan bahan-bahan untuk membuat media); (4) assembly (penggabungan atau penyatuan bahan); (5) testing (uji kelayakan media); (6) distribution (distribusi ke peserta didik dengan upload di youtube). Hasil penilaian kelayakan pengembangan video pembelajaran untuk Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel ini adalah: (1) persentase skor penilaian dari ahli materi sebesar 89%, (2) persentase skor penilaian dari ahli media sebesar 77%, (3) persentase skor tanggapan dari siswa sebesar 81%. Berdasarkan hasil penilaian dan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial untuk Kompetensi Dasar Mengkonfigurasi Jaringan Nirkabel ini sangat layak untuk digunakan dan dikembangkan.Referensi
Cedefop, 2017. The changing nature and role of vocational education and training in Europe. Volume 1: Conceptions of vocational education and training: An analytical framework.
Busyaeri, A., Udin, T. and Zaenudin, A., 2016. Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).
Hebert, R.M. and Roberts, W., 2013. Online Job Tutorials@ the Public Library: Best Practices from Carnegie Library of Pittsburgh's Job & Career Education Center. Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 1(2), pp.95-134.
Kuo, Y.C., Chu, H.C. and Huang, C.H., 2015. A learning style-based grouping collaborative learning approach to improve EFL students' performance in English courses. Journal of Educational Technology & Society, 18(2), pp.284-298.
Enad, E.N. and Muhanna, G.H., 2013. Computer Wireless Networking and Communication. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 2(8), pp.3210-3216.
Hebert, R.M. and Roberts, W., 2013. Online Job Tutorials@ the Public Library: Best Practices from Carnegie Library of Pittsburgh's Job & Career Education Center. Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 1(2), pp.95-134.
Acton, S., Kishino, F., Nakatsu, R., Tang, J. and Rauterberg, M., 2006. Editorial Introduction to multimedia system technologies for educational tools. Multimedia Systems, 11(3), pp.201-202. [8] Wallace, V. P., Bamber, J. C. dan Crawford, D. C. 2000.
Sutopo, H., Purnomo, H.D., Maria, S.S., Lee, S., Lobodally, A. and Prasida, A.S., 2019, January. Developing interactive bible learning model based on mobile for children. In Proceedings of the 2nd International Conference on Software Engineering and Information Management (pp. 279-282).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.



