Perancangan UI/UX Aplikasi “BISA†Dengan Pendekatan Design Thinking
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v9i2.174Abstrak
BISA merupakan aplikasi yang bergerak pada bidang Pendidikan dimana menyediakan ruang untuk belajar Bahasa secara online. Ini akan memudahkan masyarakat di tengah kesibukan pekerjaan mereka. User bisa menentukan kapan mereka bisa belajar, user bisa menentukan metode pengajaran dan juga bisa memilih pengajar sesuai dengan yang mereka nyaman. Hal ini bertujuan untuk membuat user nyaman dan merasa aman saat melakukan pembelajaran. Hal ini juga salah satu cara mengurangi resiko tertular covid-19 karena mencegah adanya interaksi secara langsung dengan orang lain di tengah pandemi saat ini. Permasalahan saat ini aplikasi BISA membutuhkan suatu platform yang berisi informasi dan data lengkap terkait guru Bahasa yang ada di Indonesia yang mau bekerja sama dengan tim dari aplikasi bisa. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking untuk menciptakan ide-ide dan inovasi baru untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan produk.
Referensi
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer,†Demandia J. Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 2, 2018.
D. Marsudi, A. Mufti, and M. Lestari, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Sparepart Pada Toko Kim Jaya Motor,†J. Ris. dan Apl. Mhs. Inform., vol. 1, no. 3, 2020.
Easter, F. et al. (2022) ‘Pengembangan Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Mobile Untuk Siswa Paud’, Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), p. 259.
Saputra, D. and Kania, R. (2022) ‘Designing User Interface of a Mobile Learning Application by Using a Design Thinking Approach: A Case Study on UNI Course’, Journal of Marketing Innovation (JMI), 2(2), pp. 102–119. doi: 10.35313/jmi.v2i2.36.
R. Fahrudin and R. . Ilyasa, “PERANCANGAN APLIKASI ‘NUGAS’ MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN AGILE DEVELOPMENTâ€, jitter, vol. 8, no. 1, pp. 35–44, Dec. 2021.
Fauzi, A. H., dan Sukoco, I. 2019. Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educate. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 37-45.
Eli, W. (2011). Design Thinking Handbook. (DesignBetter.Co) Diambil kembali dari https://www.designbetter.co/design-thinking/prototype
Fundation, I. D. . (t.thn.). User Experience (UX) Design. Diambil kembali dari Interactions Design Fundation https://www.interaction-design.org/literature/topics/ux-design
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.



