Evaluasi User Experience pada Website Posyandu Menggunakan Metode In-Person Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v9i2.190Abstrak
Posyandu atau singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu merupakan sistem yang berfungsi sebagai Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) dengan masyarakat yang mengatur serta mengelola agar terciptanya pembangunan kesehatan yang baik, memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi perkembangan anak, dan mengurangi angka kematian bagi ibu dan anak. Pengolahan data posyandu Mawar 1 di Desa Karanglewas Kidul masih menggunakan cara manual yaitu dengan mencatat data anak-anak yang akan melakukan imunisasi di buku besar. Pencatatan tersebut menjadi salah satu masalah yang muncul bagi para petugas posyandu, karena dianggap kurang efektif dan butuh waktu lama mengolah data posyandu. Kemudian ada permasalahan pula yang muncul ketika seorang ibu yang lupa membawa buku posyandu dan ditakutkan datanya tidak relevan antara yang dikatakan oleh ibu tersebut dengan data yang ada di buku posyandu tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas, sebuah sistem diperlukan guna memperlancar proses pengolahan data petugas posyandu dan memberikan sebuah informasi dengan segera dan menyeluruh untuk mempermudah serta mengurangi redundansi data dalam pengolahan data. Metode yang digunakan adalah In-person Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan dengan 36 responden adalah rata-rata daya tarik sebesar 2,282, rata-rata kejelasan sebesar 2,188, rata-rata efisiensi sebesar 2,299, rata-rata ketepatan sebesar 2,215, rata-rata stimulasi sebesar 2,292, rata-rata kebaruan sebesar 2,181. Sehingga kesimpulan yang didapat setelah melakukan pengujian menggunakan UEQ adalah bahwa website posyandu berada pada level excellent.
Referensi
W. Windiyani, S. W. Sundari, and D. Nurdianti, “Rancang Bangun Aplikasi Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTK) bagi Bidan di Posyandu,†vol. 3, no. 2, pp. 87-94, Desember 2019, 2020.
Musliani, L. Wati and S. Mawarni, “Aplikasi Pengolahan Data Posyandu,†vol. 2, no. 1, pp 41-47, Juni 2017.
A. Firdausi and Y. S. Dwanoko, “Rancang Bangun Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web Pada Posyandu Lidah Buaya Desa Mojotengah,†vol. 2, pp. 214–225, 2019.
K. A. Pratama, M. Nasution, and M. H. Munandar, “Sistem Informasi Pendaftaran Imunisasi Posyandu Anggrek di Desa Tanjung Medan Berbasis Web,†vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2020.
S. Widaningsih and F. K. Efendi, “Sistem Pelayanan Posyandu Berbasis Web Sebagai Sarana dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak di Posyandu Sartika Cikondang,†vol. 10, no. 2, pp. 29-35, Desember 2018.
N. E. Salsabila and N. G. Ramadhan, “Perancangan Aplikasi Monitoring Data Posyandu Mawar 1 Karanglewas Kidul Berbasis Website Menggunakan Metode User Experience Lifecyle,†vol. 9, no. 1, pp. 17–30, 2023.
S. Putro, Kusrini, and M. P. Kurniawan, “Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul,†vol. 6, no. 1, pp. 27–37, Januari 2019.
Purwitasari, Rachma Wukir, et al. "Perancangan ui/ux webinar booking terhadap kepuasan pengguna menggunakan metode design thinking." JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 350-359, 2021.
I. R. Wulandari and L. D. Farida, “Pengukuran User Experience Pada E-Learning di Lingkungan Universitas Menggunakan User Experience Questionnare (UEQ),†vol. 2, no. 2, pp. 146-151, Desember 2018.
W. A. Febrianto, W. H. N. Putra, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus : Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo),†vol. 3, no. 6, pp. 6099–6106, 2019.
M. A. Kresnanto, B. T. Hanggara, and B. S. Prakoso, “Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada RedDoorz dan Airy),†vol. 4, no. 10, pp. 3637–3646, 2020.
R. Dimas, B. Kurniawan, S. H. Wijoyo, and N. H. Wardani, “Evaluasi Usability Aplikasi MY JNE Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation,†vol. 3, no. 6, 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.



