PERENCANAAN PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA RBTV YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI ERA PENYIARAN DIGITAL

Penulis

  • Lilik Jatmiko Prasetyo STMIK Amikom Yogyakarta
  • Bambang Soedijono STMIK Amikom Yogyakarta
  • Roy Rudolf Huizen STMIK Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55635/jic.v2i1.20

Abstrak

Dalam menghadapi era penyiaran digital mendatang, sebuah perencanaan yang tepat perlu dilaksanakan oleh lembaga penyiaran agar mampu menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategis penerapan Teknologi Informasi yang digunakan RBTV dalam menghadapi persaingan yang semakin berat di era penyiaran digital mendatang. Penelitian diawali dengan mengetahui strategi bersaing yang diterapkan oleh RBTV saat ini selanjutnya menganalisis lingkungan perusahaan RBTV, dan membuat formulasi strategi untuk mendapatkan alternatif stategi dengan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai pertimbagan bagi RBTV. Perumusan strategi dikerjakan dengan menggunakan matriks EFE, IFE, SWOT, IE, dan QSPM. Dengan diagram SWOT posisi RBTV berada pada sel 3 yang menunjukkan pada stategi WO (Weakness Opportunities) sehingga salah satu stategi yang menarik untuk dijalankan adalah memanfaatkan jaringan internet untuk bersiaran melalui streaming guna menhadapi konvergensi teknologi informasi dan komunikasi. Berdasarkan matriks QSPM stategi yang paling menarik untuk dijalankan adalah strategi pengembangan produk salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Virtual Studio sehingga mendukung dalam menambah jumlah dan variasi program acara pada RBTV.

 

Kata kunci: Televisi Digital, RBTV, SWOT, Matriks IE, QSPM

Referensi

Arnold, John; Michael Frater; Mark Pickering, 2007. Digital Television:Technology and Standards. John Wiley & Sons

Chengyuan, Peng. 2002. Digital Television Applications. Helsinki University of Technology. Finland

David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep. Pearson Education

David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. Pearson Education

Dwiprakoso, Agung Reynanda. 2014. Formulasi Strategi Bersaing Useetv Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Universitas Diponegoro

Earl, Michael J. 1996. Information Management: The Organizational Dimension, Clarendon Press

Fischer, Walter. 2003. Digital Video and Audio Broadcasting Technolog., Springer

Hasibuan, Zainal A; Agus Sunarto. 2007. Model Perencanaan Trategis Sistem Informasi Pada Industri Penyiaran Televisi Dengan Pendekatan Blueocean Strategy Dan Balanced Scorecard. Jurnal Sistem Informasi MTI UI, Vol. 3 – No. 2, Oktober 2007

Hasibuan, Zainal A. 2007. Metode Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta: Universitas Indonesia

Hendrawan, Pradika. 2013. Analisis Strategi Stasiun Televisi Lokal Dalam Menghadapi Era Televisi Digital (Studi Penelitian pada TVRI D.I Yogyakarta), UPN "VETERAN" Yogyakarta

Husein, Umar. 2005. Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Mirza, Haidar & Sari Permata Dian. 2014. Analisis Strategi Internal Dan Eksternal Bisnis IPTV PT. Telkom, Universitas Bina Darma Palembang

Oktavia, Putri. 2013. Formulasi Strategi Bersaing Groovia TV pada PT Telekomunikasi Indonesia. Universitas Gajah Mada

Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka

Rosita, Deviani Merita A; Putra Dwi Stefanus; Cofriyanti Ervi. 2013. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada LPP RRI Palembang. STMIK GI MDP

Ward John, Peppard Joe, 2002, Strategic Planning for Information Systems, third Edition, John Wiley & Sons Ltd, England

Unduhan

Diterbitkan

2016-06-24

Terbitan

Bagian

Articles