PERENCANAAN PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA RBTV YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI ERA PENYIARAN DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v2i1.20Abstrak
Dalam menghadapi era penyiaran digital mendatang, sebuah perencanaan yang tepat perlu dilaksanakan oleh lembaga penyiaran agar mampu menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategis penerapan Teknologi Informasi yang digunakan RBTV dalam menghadapi persaingan yang semakin berat di era penyiaran digital mendatang. Penelitian diawali dengan mengetahui strategi bersaing yang diterapkan oleh RBTV saat ini selanjutnya menganalisis lingkungan perusahaan RBTV, dan membuat formulasi strategi untuk mendapatkan alternatif stategi dengan pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai pertimbagan bagi RBTV. Perumusan strategi dikerjakan dengan menggunakan matriks EFE, IFE, SWOT, IE, dan QSPM. Dengan diagram SWOT posisi RBTV berada pada sel 3 yang menunjukkan pada stategi WO (Weakness Opportunities) sehingga salah satu stategi yang menarik untuk dijalankan adalah memanfaatkan jaringan internet untuk bersiaran melalui streaming guna menhadapi konvergensi teknologi informasi dan komunikasi. Berdasarkan matriks QSPM stategi yang paling menarik untuk dijalankan adalah strategi pengembangan produk salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Virtual Studio sehingga mendukung dalam menambah jumlah dan variasi program acara pada RBTV.
Kata kunci: Televisi Digital, RBTV, SWOT, Matriks IE, QSPM
Referensi
Arnold, John; Michael Frater; Mark Pickering, 2007. Digital Television:Technology and Standards. John Wiley & Sons
Chengyuan, Peng. 2002. Digital Television Applications. Helsinki University of Technology. Finland
David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep. Pearson Education
David, Fred R. 2011. Strategic Management: Concepts and Cases. Pearson Education
Dwiprakoso, Agung Reynanda. 2014. Formulasi Strategi Bersaing Useetv Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Universitas Diponegoro
Earl, Michael J. 1996. Information Management: The Organizational Dimension, Clarendon Press
Fischer, Walter. 2003. Digital Video and Audio Broadcasting Technolog., Springer
Hasibuan, Zainal A; Agus Sunarto. 2007. Model Perencanaan Trategis Sistem Informasi Pada Industri Penyiaran Televisi Dengan Pendekatan Blueocean Strategy Dan Balanced Scorecard. Jurnal Sistem Informasi MTI UI, Vol. 3 – No. 2, Oktober 2007
Hasibuan, Zainal A. 2007. Metode Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta: Universitas Indonesia
Hendrawan, Pradika. 2013. Analisis Strategi Stasiun Televisi Lokal Dalam Menghadapi Era Televisi Digital (Studi Penelitian pada TVRI D.I Yogyakarta), UPN "VETERAN" Yogyakarta
Husein, Umar. 2005. Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Mirza, Haidar & Sari Permata Dian. 2014. Analisis Strategi Internal Dan Eksternal Bisnis IPTV PT. Telkom, Universitas Bina Darma Palembang
Oktavia, Putri. 2013. Formulasi Strategi Bersaing Groovia TV pada PT Telekomunikasi Indonesia. Universitas Gajah Mada
Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka
Rosita, Deviani Merita A; Putra Dwi Stefanus; Cofriyanti Ervi. 2013. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada LPP RRI Palembang. STMIK GI MDP
Ward John, Peppard Joe, 2002, Strategic Planning for Information Systems, third Edition, John Wiley & Sons Ltd, England
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.



