MODEL PEMBELAJARAN MENULIS BRAILLE
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v2i1.23Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan suatu model pembelajaran menulis Braille yang bersifat interaktif dan mudah dilakukan tanpa terbatas waktu, tempat, serta ketergantungan terhadap guru.Model tersebut terdiri dari hardware berupa (electronick relget Braille) dan software (aplikasi untuk pengolahan data input dari hardware) yang saling terintegrasi sehingga menghasilkan data yang dapat dijadikan evaluasi dalam memantau perkembangan hasil belajar pengguna. Hardware tersebut terdiri dari tiga komponen utama yaitu: (1). Input yang terdiri dari 8 tombol (saklar On/Off) untuk kombinasi pembentuk kode Braille dan 1 buah tombol untuk melakukan prosesnya, (2). Arduino Uno dengan mikrokontroler ATMega328P yang digunakan untuk mengontrol input/output sistem, (3). Modul SD Card yang digunakan sebagai tempat penyimpanan file audio karakter yang akan diputar ketika alamat kode kombinasi dipanggil. Bagian software dirancang berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan untuk penyimpanan data menggunakan database MySQL, screen reader yang digunakan untuk mengeluarkan output suara dari tampilan layar aplikasi menggunakan NVDA.Hasil Pengujian yang penulis lakukan terhadap model pembelajaran menulis Braille tersebut menunjukan tingkat keberhasilan yang tinggi, artinya hasil kombinasi tombol dapat menunjukan karakter sesuai dengan alamat kode, selain itu aplikasi juga dapat mengidentifikasi kesalahan pada setiap kata dan huruf yang diperoleh dari hasil input electtronic relget Braille, selain itu hasil responden mengatakan 90% dapat membantu tunanetra untuk dalam belajar menulis Braille.
Kata kunci: Arduino Braille, Electronic Reglet Braille, Menulis Braille
Referensi
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction,
Fifth Edition. New York: Longman.
Gazali, A. (2010). Media Pembelajaran Huruf Braille Delapan Titik Dengan
Output Suara Berbasis Microcontroller AT89S51 dan IC Suara ISD25120. UNY, Proyek Akhir
ISO/TR 11548-2. 2001. Communication Aids for Blind Persons: Identifiers,
Names and Assignation to Coded Character Sets for 8-dot Braille
Characters – Part 2: Latin Alphabet Based Character Sets.
http://www.iso.org/iso/home/store/catalogue_ics/catalogue_detail_ics.htm?ics1=11&ics2=180&ics3=30&csnumber=35271, diakses tanggal 14-01-2016
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahrul, Chaerudin. 2011. Pengembangan Alat Bantu Baca Bagi Tun anetra Berbasis Jaringan Komputer, Jurnal Teknik Komputer Universitas Bina Nusantara No.1/Vol.19/February 2011 ISSN:08536732
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.



