Analisis Kepuasan Pengguna dan Kegunaan Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Menggunakan Metode NPS dan SUS

Penulis

  • Rum Mohamad Andri Kristiyanto Rasyid Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Moch. Hari Purwidiantoro STMIK AMIKOM Surakarta
  • Agung Pambudi Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Nur Widjiyati Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Yogi Piskonata Universitas AMIKOM Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55635/jic.v11i1.266

Abstrak

Teknologi informasi yang merupakan perpaduan antara teknologi komputer dan teknologi komunikai pada saat ini telah diterapkan pada seluruh sektor termasuk sektor perbankan sehingga saat ini memasuki era perbankan digital yang tidak lagi mengandalkan manusia sepenuhnya melainkan mengandalkan layanan secara digital seperti mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Internet Banking, dan Mobile Banking. Perkembangan ini menjadikan model bisnis perbankan menjadi berubah, berawal dari layanan kepada nasabah yang dilakukan di kantor bank menjadi layanan yang dilakukan secara mandiri oleh nasabah dari tempatnya berada menggunakan aplikasi mobile banking yang dijalankan oleh perangkat seluler milik nasabah. Perbankan digital terutama layanan mobile banking juga sangat menguntungkan nasabah karena tidak menimbulkan antrian, biaya perjalanan dan lain-lain sehingga pemanfaatan layanan perbankan digital khususnya mobile banking terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Hal tersebut memicu perbankan untuk menyediakan aplikasi mobile banking yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar nasabah akan semakin loyal. Penelitian yang dilakukan untuk menilai kepuasan pengguna layanan mobile banking ini menggunakan metode Net Promoter Score (NPS) untuk menilai loyalitas nasabah memberikan hasil bahwa 40% nasabah pengguna aplikasi perbankan di Indoenasia adalah nasabah yang ‘sangat loyal’ dan 60% merupakan nasabah yang ‘loyal’. Metode System Usability Score (SUS) menunjukkan hasil bahwa 80% nasabah dapat menerima aplikasi mobile banking karena dipandang memiliki kualitas ‘sangat baik’.

Referensi

A. Tri Dewi Septiani, A. Prayogo Kuncoro, and P. Subarkah, “Perbandingan Kinerja Metode Naïve Bayes Classifier dan K-Nearest Neighbor pada Analisis Sentimen Ulasan Mobile Banking Jenius,†2023. [Online]. Available: https://ejournal.sidyanusa.org/index.php/jkdn

Indriati Ayu Lestari and Lia Umilah, “Persepsi Penggunaan Mobile Banking Terhadap Kemudahan Dalam Bertransaksi,†2022. [Online]. Available: https://transpublika.co.id/ojs/index.php/Transekonomika

N. Fatikha and D. A. Septiyani, “Mobile Banking Dalam Pengalaman Belanja Konsumen Generasi Z Di Era Digital: Persepsi Dan Preferensi Pengguna,†Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 17, no. 1, pp. 38–44, Jan. 2025, doi: 10.55049/jeb.v17i1.391.

R. Kriswibowo, Rusina Widha Febriana, and Johan Suryo Prayogo, “Tingkat Kebergunaan Aplikasi Pedulilindungi Mobile Menggunakan Metode Sistem Usability Scale dan Net Promoter Score,†Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 3, no. 1, pp. 54–62, Feb. 2023, doi: 10.51454/decode.v3i1.120.

J. Sattu and M. Fairul Filza, “Analisis Kemudahan Penggunaan pada Antarmuka Pengguna Game Horor GhostyGhost menggunakan System Usability Scale,†Journal of Informatics Management and Information Technology, vol. 5, no. 1, pp. 65–72, 2025, doi: 10.47065/jimat.v5i1.452.

K. A. Fachreza, M. Harvian, A. Syariah, U. Islam, N. Sunan, and G. Djati Bandung, “Analisis Komparatif Antara Probability dan Nonorobability Dalam Penelitian Pemasaran,†2024.

N. L. L. Tarigan, P. S. M. Wijaya, Y. Wahyuni, and E. Sulistyowati, “Analisis Tingkat Loyalitas Konsumen Generasi Z terhadap Marketplace di Indonesia Menggunakan Metode NPS (Net Promoter Score),†Jurnal Manajemen Strategis: Jurnal Mantra, vol. 1, no. 01, pp. 21–34, Feb. 2024, doi: 10.30588/jmt.v1i01.1222.

R. Mohamad, A. K. Rasyid, A. Pambudi, and R. Widyawati, “Perbandingan Persepsi Dosen Dan Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta Terhadap Kegunaan Lms Waskita,†Journal of Information System Menegement vol 5 no 2, 2024.

S. Rahayu, Ranti, and A. Ulung Putri, “Analisa Tingkat Usability Sistem Pembelian TBS Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus) Terhadap Kepuasan Pengguna,†IJIRSE : Indonesian Journal of Infromatics Research and Software engineering, vol. 4, no. 1, pp. 63–70, 2024.

M. Irfan Syahroni, D. STIT Al-Aziziyah, J. I. TGH Umar Abdul Aziz kapek Gunung Sari Lombok Barat, and kode pos, “Prosedur Penelitian Kuantitatif,†Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, vol. 43, no. 3, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Articles