PROTOTYPE E-COMMERCE PETERNAKAN KAMBING DENGAN MENERAPKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT

Penulis

  • Intan Oktaviani STMIK Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55635/jic.v2i2.43

Abstrak

Kebutuhan masyarakat terhadap teknologi informasi semakin meningkat. Diantaranya adalah hasil kemajuan teknologi informasi dalam bidang perdagangan atau yang biasa disebut e-commerce. Kemudahan dan kenyamanan bertransaksi merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh e-commerce. Serta perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju, membuat berkembangnya e-commerce. Entrepreneurship merupakan salah satu langkah dalam memperdaya gunakan sumber daya manusia, sehingga mengurangi jumlah pengangguran. UKM Hasanah adalah salah satu usaha bersama yang bergerak dalam bidang ternak dan jasa layanan masak kambing. Media promosi yang telah dilakukan adalah dengan penyebaran brosur dan informasi dari mulut ke mulut. Hal tersebut mengakibatkan terhambatnya perkembangan UKM Hasanah. Dari permasalahan yang muncul maka dibuatlah e-commerce pada UKM Hasanah dengan menerapkan metode customer relationship management yang diharapkan pelanggan tetap setia dan loyal menggunakan produk dan jasa yang disediakan oleh UKM Hasanah. Penelitian ini menghasilkan perancangan interface sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengguna, tertuma kebutuhan pelanggan. Bertujuan untuk mengembangkan UKM Hasanah.

Kata Kunci : UKM Hasanah, E-commerce, Entrepreneurship, customer relationship management

Referensi

Alamsyah. 2011. sistem informasi penjualan tiket po. metro express. Foristek Vol.1, No.2 , 1-6.

Alfattah, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Novriza Afriani, A. S. 2012. Sistem Informasi Reservasi Tiket Online Express Bahari Pada PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal ilmiah Sistem Informasi Reservasi Tiket Online (Novriza Afriani) , 1-22.

Prabowo, J. h. 2010. Perancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Dan Penjadwalan Keberangkatan Bus Antar Propinsi Berbasis Website (PO. Maju Lancar). Jurnal Teknik Informatika, 1-9.

Sutariyani, M. W. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design. Surakarta: STMIK AUB. Verdiansah Danie .Penerapan Customer Relationship Management(CRM) Sebagai Strategi Bisnis Pada Century Healtcare.Karya Ilmiah.STMIK AMIKOM, YOGYAKARTA.

Unduhan

Diterbitkan

2016-12-29

Terbitan

Bagian

Articles