PROTOTYPE E-COMMERCE PETERNAKAN KAMBING DENGAN MENERAPKAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v2i2.43Abstrak
Kebutuhan masyarakat terhadap teknologi informasi semakin meningkat. Diantaranya adalah hasil kemajuan teknologi informasi dalam bidang perdagangan atau yang biasa disebut e-commerce. Kemudahan dan kenyamanan bertransaksi merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh e-commerce. Serta perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju, membuat berkembangnya e-commerce. Entrepreneurship merupakan salah satu langkah dalam memperdaya gunakan sumber daya manusia, sehingga mengurangi jumlah pengangguran. UKM Hasanah adalah salah satu usaha bersama yang bergerak dalam bidang ternak dan jasa layanan masak kambing. Media promosi yang telah dilakukan adalah dengan penyebaran brosur dan informasi dari mulut ke mulut. Hal tersebut mengakibatkan terhambatnya perkembangan UKM Hasanah. Dari permasalahan yang muncul maka dibuatlah e-commerce pada UKM Hasanah dengan menerapkan metode customer relationship management yang diharapkan pelanggan tetap setia dan loyal menggunakan produk dan jasa yang disediakan oleh UKM Hasanah. Penelitian ini menghasilkan perancangan interface sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengguna, tertuma kebutuhan pelanggan. Bertujuan untuk mengembangkan UKM Hasanah.
Kata Kunci : UKM Hasanah, E-commerce, Entrepreneurship, customer relationship management
Referensi
Alamsyah. 2011. sistem informasi penjualan tiket po. metro express. Foristek Vol.1, No.2 , 1-6.
Alfattah, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Novriza Afriani, A. S. 2012. Sistem Informasi Reservasi Tiket Online Express Bahari Pada PT. Pelayaran Sakti Inti Makmur Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal ilmiah Sistem Informasi Reservasi Tiket Online (Novriza Afriani) , 1-22.
Prabowo, J. h. 2010. Perancangan Aplikasi Pemesanan Tiket Dan Penjadwalan Keberangkatan Bus Antar Propinsi Berbasis Website (PO. Maju Lancar). Jurnal Teknik Informatika, 1-9.
Sutariyani, M. W. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design. Surakarta: STMIK AUB. Verdiansah Danie .Penerapan Customer Relationship Management(CRM) Sebagai Strategi Bisnis Pada Century Healtcare.Karya Ilmiah.STMIK AMIKOM, YOGYAKARTA.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.



