Aplikasi Mobile Learn English Memanfaatkan Speech Recognition pada Google Voice
DOI:
https://doi.org/10.55635/jic.v2i2.44Abstrak
Unsur-unsur bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah dasar, antara lain grammar (tata bahasa), vocabulary (kosa kata), dan pronunciation (pengucapan). Kesulitan yang dihadapi guru adalah guru seringkali kesulitan dalam memandu anak agar mengerti dalam arti bahasa Inggrisnya . Dikarenakan respon dari sebagian anak masih kesulitan dalam hal menghafal vocabulary (kosa kata) dan tidak bisa mengucapkan dan menuliskannya dengan benar. Untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar kosa kata (vocabulary) diperlukan suatu media pembelajaran interaktif yaitu dengan multimedia yang disajikan dalam mobile android pembelajaran kosa kata (vocabulary) dan pengucapan (pronunciation) bahasa Inggris. Metode pengembangan yang digunakan untuk membangun aplikasi adalah Pengembangan Multimedia yang memiliki 6 tahapan yaitu Konsep, Perancangan, Pengumpulan Materi, Pembuatan, Pengujian, dan Pendistribusian. Didalam aplikasi menyediakan beberapa tema yaitu materi Vocabulary antara lain: Animal, Part Of Body, Family, Fruits And Vegetables, Profession, Public Places, Food And Drinks, dan Object. Disetiap materi Vocabulary terdapat latihan Pronunciation dengan memanfaatkan google voice sebagai pendeteksi suara. Hasil pengujian beta yang dilakukan terhadap 10 sample siswa kelas 3 SD menunjukkan aplikasi yang dibangun sudah sesuai dengan tujuannya yaitu dapat membantu siswa dalam pembelajaran Vocabulary dan Pronunciation bahasa Inggris dan sebagai strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris.
Kata Kunci : Vocabulary, Pronunciation, Bahasa Inggris, Speech Recognition
Referensi
Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.
Jogiyanto, HM. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. Mulyadi. (2010). Membuat Aplikasi untuk Android. Yogyakarta: Multimedia Center Publishing
Safaat, Nazruddin H. (2012). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika
Santiko, Irfan. (2015). Metodologi Penelitian Rekayasa Perangkat Lunak http://sandtyco.com/3-metode-pengujian-dalam-perangkat-lunak/. Diakses 17 Februari 2016
Sigit, Bambang, Joko. (2008). Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah. Semarang, Indonesia: Universitas Negeri Semarang
Suyanto, Kasihani K.E.(2007). English for Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara
Wolber, D., dkk. (2011). App Inventor Create Your Own Android Apps. Canada: O’Reilly Media Inc
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dari artikel yang diterima akan diberikan kepada jurnal sebagai penerbit jurnal. Hak cipta yang dimaksud meliputi hak untuk menerbitkan artikel dalam berbagai bentuk (termasuk cetak ulang). Jurnal mempertahankan hak penerbitan atas artikel yang diterbitkan. Penulis diperbolehkan untuk menggunakan artikel mereka untuk tujuan hukum yang dianggap perlu tanpa izin tertulis dari jurnal dengan pengakuan publikasi awal jurnal ini.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.



