Pengaruh Penerapan Kualitas Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Website Terhadap Kepercayaan Konsumen Hotel Di Kabupaten Banyumas

Penulis

  • Berlilana Berlilana Universitas Amikom Yogyakarta
  • M. Suyanto Universitas Amikom Yogyakarta
  • Emha Taufiq Luthfi Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55635/jic.v3i2.53

Abstrak

Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas kegunaan, kulitas informasi dan kualitas interaksi website terhadap tingkat kepercayaan konsumen (Customer Trust). Pemilihan responden adalah tamu-tamu pada hotel yang menggunakan travel agent online untuk reservasi. Ukuran sampel ditentukan dengan metode Slovin, berdasarkan metode tersebut diperoleh ukuran sampel 205. Ukuran sampel ini sudah memenuhi syarat dalam analisis data dengan teknik structurel equation model dengan software AMOS, yaitu ukuran sampel minimal lima kali banyaknya indikator yang digunakan yaitu minimal 5 x 18 = 90 responden. Ketentuan lainnya adalah sepuluh kali banyaknya indikator yang digunakan yaitu minimal 10 x 18 = 180 responden. Analisis data dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) yang terdiri dari 7 tahap. Data yang diolah dengan teknik structural equation modelling (SEM) menggunakan software AMOS 22 mendapatkan hasil terdapat pengaruh positif kualitas kegunaan (Kkeg), kualitas informasi (Kinf) dan kualitas interaksi(Kint) terhadap kepercayaan konsumen (Kkep).

Kata Kunci : Website, kepercayaan konsumen, structural equation modelling (SEM)

Referensi

Choocinprakarn, Naruemon.2016.”Adoption of electronic commerce in Thai travel small and medium enterprises”, International Journal of Business and Management, vol. 4(1), pp. 1-23.

Ekinci, Y., & Dawes, P. L. (2009). Consumer perceptions of frontline service employee personality traits, interaction quality, and consumer satisfaction. The Service Industries Journal, 29(4), 503-521.

Flavián, C., Guinalíu, M., & Gurrea, R. (2006). The role played by perceived usability, satisfaction and consumer trust on website loyalty. Information & Management, 43(1), 1-14.

Ha, S., & Stoel, L. (2009). Consumer e-shopping acceptance: Antecedents in a technology acceptance model. Journal of Business Research, 62(5), 565-571.

Hayati, Naila.2014.Pemilihan Metode Yang Tepat Dalam Penelitian (Metode Kuantitatif dan Metode Kualitatif).Jurnal Tarbiyah al-Awlad Vol IV Edisi 1 345-357.ISSN 2086-8065.

Johnson, B and Christensen, L.2012. Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. London: SAGE Publications, Inc.

Liao, C., Palvia, P., & Lin, H.-N. (2006). The roles of habit and web site quality in e-commerce. International Journal of Information Management, 26(6), 469-483.

Nicolaou, A. I., & McKnight, D. H. (2006). Perceived information quality in data exchanges: Effects on risk, trust, and intention to use. Information systems research, 17(4), 332-351.

Sadeh et al.2011.The Effects of Website Quality Dimensions on Customer Satisfaction in ERetailing System. Middle-East Journal of Scientific Research. 10(3), pp. 366-369.

Siagian, Hotlan dan Edwin Cahyono.2014.Analisis Website Quality, Trust dan Loyalty Pelanggan Online Shop.Jurnal Manajemen Pemasaran.Vol 8,No 2.ISSN 1907-235X.

Sugiyono.2007. Metode Penelitian Administrasi.Penerbit Alfabeta. Bandung. Tarigan, Josua. 2008. User Satisfaction Using WebQual Instrument: A Research in Stock Exchange of Thailand (SET). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 10, No. 1, Mei 2008: 34-47.

Terzia, Nuray.2011. The impact of e-commerce on international trade and Employment. Procedia Social and Behavioral Sciences 24 (2011) 745–753.

Wong, David.2017.Pengaruh Ability, Benevolence dan Integrity Terhadap Trust Serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggang E-Commerce : Studi Kasus Pada Pelanggan E-Commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis.Vol 2 No 2.ISSN 2527-7502.

Unduhan

Diterbitkan

2017-12-27

Terbitan

Bagian

Articles